Format Hardisk Dengan Low Level Format

Sabtu, 22 Mei 2010

Kadangkala saat hardisk tidak bisa dipakai lagi dan telah banyak bad sektornya kita juga sering bingung untuk memperbaikinya. kalau saya pribadi untuk menangani masalah seperti itu biasanya saya menggunakan tools yang mampu bekerja untuk memformat hardisk secara low level. Namun sebelum melakukan cara ini saya saran kan untuk melakukan cara lain yang masih memungkinkan. Untuk saya sendiri low level format biasanya saya gunakan apabila tidak ada cara lain alias jurus pamungkas. Alasannya karena :

"Low Level Format itu melakukan Zero Fill hardisk untuk kembali ke Factory Default, sangat berbeda dengan High Level Format (standard), bila dilakukan kurang hati-hati malah bisa merusak Hardware secara permanen, jadi sebenarnya Low-level format berfungsi untuk membuat lining kembali pada track dan sektor pada HDD, dan kemudian menulis ulang struktur HDD sesuai factory default, justru format ini adalah format yang sebenarnya, karena HDD benar terformat secara fisik, seperti kita kalau Burn-CD-ROM, keperluannya antara lain:

- Mengembalikan struktur HD yg rusak ke factory default
- Memperbaiki Bad Sector (meskipun tidak bisa sepenuhnya)
- Menghilangkan Virus partisi

High-level format adalah proses pembuatan struktur file system, sehingga HD bisa digunakan untuk program dan data2, sebgai contoh DOS format setelah FDISK, membuat ulang struktur data, partisi, boot sector dan file allocation table, High Level Format dilakukan apabila HD sudah terpartisi." itu menurut hasil sharing-sharing temen-temen.

Untuk yang ingin melakukan ini dapat menggunakan tools seperti HDD Low level format yang yadapt di dowload=>HDD Low Level Format Tool ver.2.36 build 1181.
Dan untuk lebih jelasnya dapat juga langsung ke hddguru.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
COPYRIGHT © TRIK's WINDOWS