Blue Screen Of Death (BSOD)

Sabtu, 07 Mei 2011

Blue Screen atau sering dinamakan Blue Screen Of  Death (BSOD) sering terjadi pada komputer kita saat kita sedang melakukan pekerjaan yang berat pada komputer dan memakan banyak memori komputer atau paling sering saat menyalakan komputer bahkan merestart komputer. Untuk tampilan secara umum BSOD sebagai berikut:



Secara sederhana bila terjadi saat restart atau saat menjalankan aplikasi  anda dapat merestart komputer dan dapat di cegah dengan menggunakan komputer dengan aplikasi-aplikasi yang tidak memberatkan kerja komputer. Namun secara teknis ini hanya dapat membantu sedikit karena terkadang kita tidak dapat mengira-ngira berapa besar pemakaian RAM pada tiap-tiap aplikasi, blom lagi untuk jaman sekarang dimana orang saat menggunakan komputer hampir keseluruhan dengan cara MultiTasking.

Sebenarnya kalau anda menggunakan aplikasi untuk menganalisa kerusakan yang terjadi pada komputer anda saat Blue Screen Of  Death (BSOD) anda bisa menggunakan aplikasi seperti: BlueScreenView dan Whoscrashed dapat anda gunakan.

Atau bagi anda yang mempunyai daya ingat yang kuat dapat dengan menghafal kode-kode kerusakan yang terjadi seperti dibawah ini:

==>IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya biang kerok pada BsOD. Kenapa? Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.

Daftar Penyebab:
? Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
? Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
? Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

==>NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

==>UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
? Overclock Hardware yang berlebihan
? Komponen komputer yang kepanasan
? BIOS yang korup
? Memory dan CPU yang cacat

==>DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

==>PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

==>INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

==>VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

==>BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

==>PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

==>MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Namun pada intinya, kebanyakan dari kerusakan yang terjadi oleh BSOD rata-rata disebabkan terjadi kerusakan atau masalah pada hardware komputer anda, dan untuk penyelesaian yang lebih baik adalah mempelajari kerusakan dengan seksama serta menganalisa tiap kerusakan bukan lari dari masalah dengan penyelesaian yang menambah masalah seperti install ulang komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
COPYRIGHT © TRIK's WINDOWS